Rabu, 23 April 2014

Mengenal Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina

Setelah hampir 15 tahun lamanya tidak menggelar ajang balap sekelas MotoGP, Argentina akhirnya kembali masuk dalam daftar kalender MotoGP mulai tahun ini. Untuk itulah dibangunlah sirkuit baru yang diberi nama Termas de Rio Hondo. Sirkuit Termas de Rio Hondo ini terletak di utara Argentina, tepatnya berada di kota Santigao Del Estero. Sirkuit yang banyak membuat semua pembalap MotoGP 2014 penasaran ini dirancang oleh Jarno Zaffeli asal Italia dari Dromo Racetrack Design. Sirkuit ini juga akan menjadi tantangan utama bagi seluruh pembalap MotoGP, pasalnya hampir semua rider masih buta dengan sirkuit yang mengawali debut perdananya untuk MotoGP 2014 akhir pekan ini.

Sirkuit yang dibangun di pinggir pantai ini memiliki panjang 4.806 meter dengan lebar lintasan mencapai 16 meter. Termas de Rio Hondo juga memiliki 14 tikungan yang terdiri dari 9 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri. Selain itu, sirkuit yang memiliki lintasan lurus sepanjang 1076 meter ini juga memungkinkan para pembalap untuk menggeber tunggangannya hingga mencapai kecepatan 343 km/jam.

Termas de Rio Hondo juga digolongkan sebagai sirkuit berkarakter cepat. Dari hasil tes dengan simulator catatan waktunya mencapai 1 menit 34.302 detik. Selain itu, tikungan kelima di sirkuit ini akan menjadi bagian tersulit, pasalnya tikungan ini datang setelah lintasan lurus terpanjang dan mengharuskan semua pembalap untuk menggunakan gear-2 dengan kecepatan 92 kpj.

Berstatus debutan di seri MotoGP musim 2014, Sirkuit Termas de Rio Hondo akan menuntut semua rider harus mampu beradaptasi dengan cepat. Dan seri MotoGP Argentina 2014 ini tentunya akan menyajikan pertarungan yang seru.

Akankah sang juara bertahan Marc Marquez mampu kembali berjaya atau Rossi dengan segudang pengalamannya atau bahkan Lorenzo yang siap menebus kesalahan di dua seri pembuka? Kita tunggu saja dan jangan sampai kelewatan!

 Sumber: http://www.iotomotif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar