Aragon. Meski hanya mampu tampil
sebagai manusia tercepat ketiga dalam sesi latihan bebas kedua Jum’at
kemarin, Pedrosa mengaku sudah cukup nyaman dengan tunggangannya
tersebut. Pembalap bernomor 26 ini tak mengeluhkan persoalan kinerja
ban maupun problem dalam mencari set-up motor.
“Kami hanya perlu mencoba ban belakang keras. Besok kami akan
mencobanya, untuk melihat apakah pada akhirnya kami bisa menggunakan
kompon ban tersebut”, komentar Pedrosa.
Dalam sesi FP2 MotoGP Aragon, Pedrosa bermain diangka 1 menit 49,254
detik, meski lebih lambat 0,267 detik dari Juniornya di Repsol Honda.
Penampilan Pedrosa di Aragon dalam beberapa tahun terakhir terbilang
cukup bagus. Bahkan sejak Aragon masuk kalender MotoGP pada 2010 silam,
Pedrosa selalu dapat podium, dua kali podium ke-2 dan satu kali podium
pertama.
Tahun lalu Pedrosa menang telak atas Lorenzo dengan GAP 6,4 detik.
Sedangkan pada 2010 dan 2011, pencapaian terbaiknya dua kali podium
kedua, mengekor dibelakang Casey Stoner. “Saya senang karena hari ini
saya merasa nyaman di trek ini. Kami membuat beberapa putaran yang baik
dan banyak meningkatkan feeling kami”, lanjut Pedrosa.
Sumber: http://www.mesinbalap.com/read/3487/motogp-aragon-2013_pedrosa-akui-hanya-perlu-coba-ban-keras/
Sabtu, 28 September 2013
Kamis, 19 September 2013
Perbedaan ban bias dan ban radial
| |||||
Perbedaan mendasar dari Ban Bias dan Radial terletak pada susunan benang yang mengikat, berikut perbedaan detailnya sebagai berikut : |
Perbedaan ban bias dan ban radial
Ban pada dasarnya diklasifikasikan ke dalam dua struktur sebagai berikut:
Struktur Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
Struktur Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.
Langganan:
Postingan (Atom)